Kamis, 27 Juni 2013

Visi Ibu Hebat : Mendidik Anak di Bulan Ramadhan


When you educate a woman, you educate a generation.
(ketika kamu mendidik seorang wanita, kamu telah mendidik sebuah generasi)

Al-ummu madrasatul ulaa.

(ibu adalah sekolah pertama (bagi anak-anaknya))

Seorang ibu merupakan orang yang terdekat dengan anak-anaknya. Pendidikan, pola pikir, wawasan serta tentu keimanan seorang ibu berpengaruh besar terhadap perkembangan pola pikir dan tumbuh kembang anaknya kelak.Mendidik anak pun tidak terbatas dalam satu perkara saja tanpa perkara lainnya seperti mengajarkan anak tentang kebersihan dan ketauhidan sejak dini. Mendidik anak merupakan perkara yang luas karena anak merupakan generasi penerus yang diharapkan menjadi generasi tangguh yang akan memenuhi bumi ini dengan kekuatan, hikmah, ilmu, kemuliaan dan kejayaan. Mendidik anak merupakan kewajiban bagi setiap orang tua, sebagaimana yang difirmankan Allah dalam Al-Qur'an:

يايُّهَا الَّذِيْنَ امَنُوْا قُوْآ اَنْفُسَكُمْ وَ اَهْلِيْكُمْ نَارًا وَّقُوْدُهَا النَّاسُ وَ اْلحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلئِكَةٌ غِلاَظٌ شِدَادٌ لاَّ يَعْصُوْنَ اللهَ مَآ اَمَرَهُمْ وَ يَفْعَلُوْنَ مَا يُؤْمَرُوْنَ

Artinya : 
Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, tidak mendurhakai (perintah) Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.
[QS. At-Tahrim : 6] 

Ada banyak motivasi syariat agar orang tua memiliki anak yang sholeh, seperti yang disebutkan dalam Hadist Rasulullah SAW:


إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya :
Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, dan do’a anak yang sholeh.
[HR. Muslim no. 1631]

Anak sholeh akan senantiasa mendoakan orang tuanya bahkan ketika orang tuanya telah meninggal. Anak sholeh merupakan hasil usaha didikan dari ayah dan ibunya sehingga seluruh amal sholeh yang dilakukan oleh sang anak akan mengalir pada ayah ibunya..subhanallah..

Tidak terasa beberapa hari lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan merupakan momentum tepat untuk melatih dan mengajarkan anak-anak beribadah, seperti sholat dan puasa. Dari Abdullah bin Amr bin Al-Ash radhiallahu anhuma dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مُرُوا أَوْلَادَكُمْ بِالصَّلَاةِ وَهُمْ أَبْنَاءُ سَبْعِ سِنِينَ وَاضْرِبُوهُمْ عَلَيْهَا وَهُمْ أَبْنَاءُ عَشْرٍ وَفَرِّقُوا بَيْنَهُمْ فِي الْمَضَاجِعِ
Artinya:
Perintahkanlah anak-anak kalian utk melaksanakan shalat apabila sudah mencapai umur tujuh tahun, & apabila sudah mencapai umur sepuluh tahun maka pukullah mereka apabila tak melaksanakannya, & pisahkanlah mereka dalam tempat tidurnya.
[HR. Abu Daud no. 495]

Dalam khazanah fiqih Islam kita dapatkan bahwa mayoritas ulama memandang pentingnya pemberlakuan puasa bagi anak yang belum baligh meski tidak berstatus wajib, bahkan sebagian mereka seperti Ibnu Sirin, az-Zuhri, as-Syafii memandang sunnah dalam pembelajaran tersebut dengan catatan hal tersebut mampu dilakukannya secara normal, bahkan Ibnu Majisyun al-Maliki memandang agak berbeda dari para ulama maliki yang lain bahwa anak yang telah mampu berpuasa maka puasa baginya adalah keharusan dan jika meninggalkannya tanpa udzur maka harus membayarnya ( qadha). (lihat Fathul Bari; Ibnu Hajar al-Asqalani: 5/103). Sampaikanlah kebanggaan kita dan berilah hadiah ketika anak mampu melaksanakan puasa. Ajarilah anak tentang bersabar dalam berpuasa, akan mendapatkan pahala besar dan katakan bahwa ada pintu surga Ar-Rayyan yang disediakan Allah untuk orang-orang yang berpuasa. 

Prioritaskanlah momentum Ramadhan ini sebagai waktu yang tepat untuk semakin menumbuhkan kecintaan anak terhadap ibadah sholat, puasa dan baca Al-Qur'an. Penuhi hati anak dengan nilai-nilai ketauhidan dan Al-Quran sehingga tidak ada lagi ruang di hati mereka untuk kemaksiatan. 

Sumber: 

Pedoman Orang Tua Tentang Puasa Bagi Anak-Anak http://www.dakwatuna.com/2010/08/18/7099/pedoman-orang-tua-tentang-puasa-bagi-anak-anak/#ixzz2XNiNNwsB 
Mendidik Anak Di Bulan Ramadhan 
http://www.youtube.com/watch?v=amOgLep4hOs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar