Minggu, 16 Juni 2013

Ciri - ciri amalan yang diterima Allah

Melakukan ibadah merupakan hal yang teramat mudah..kita dapat memperbanyak ibadah kita, namun kita (terkadang) tidak menyadari apakah amalan kita tadi telah diterima Allah ataukah hanya untuk melepaskan kewajiban..apalah arti ibadah yang banyak namun ga diterima di sisi Allah *JLEB

Ada empat indikator bahwa amalan yang kita tunaikan diterima oleh Allah, yaitu:
1. Allah jadikan amalannya lebih baik dari sebelumnya dan dirinya lebih baik dari sebelumnya

2. Akan semakin giat beribadah dan muncul rasa takut di dalam hatinya sehingga muncullah keinginan untuk meng-upgrade ibadahnya..
Ini dapat kita lihat di surat Al-Mu'minun ayat 60, yang berbunyi:

وَالَّذِينَ يُؤْتُونَ مَا آتَوْا وَقُلُوبُهُمْ وَجِلَةٌ أَنَّهُمْ إِلَىٰ رَبِّهِمْ رَاجِعُونَ

Artinya : Dan orang-orang yang memberikan apa yang telah mereka berikan, dengan hati yang takut, (karena mereka tahu bahwa) sesungguhnya mereka akan kembali kepada Tuhan mereka.

Maksudnya: karena tahu bahwa mereka akan kembali kepada Tuhan untuk dihisab, maka mereka khawatir kalau-kalau pemberian-pemberian (sedekah-sedekah) yang mereka berikan, dan amal ibadah yang mereka kerjakan itu tidak diterima Tuhan.

3. Ketika ia meminta sesuatu yang berhubungan dengan akhiratnya maka akan langsung dikabulkan oleh Allah; walaupun permintaan dunianya tidak dikabulkan Allah.

4. Allah jadikan ia tuk selalu istiqomah hingga akhir hayatnya, seperti firman Allah pada surat Fushshilat ayat 30:

إِنَّالَّذِينَقَالُوارَبُّنَااللَّهُثُمَّاسْتَقَامُواتَتَنَزَّلُعَلَيْهِمُالْمَلَائِكَةُأَلَّاتَخَافُواوَلَاتَحْزَنُواوَأَبْشِرُوابِالْجَنَّةِالَّتِيكُنتُمْتُوعَدُونَ

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Tuhan kami ialah Allah" kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: "Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu".


Rabbana Taqabbal Minna..

Yaa Allah terimalah amalan yang kami kerjakan..aamin ya rabb..


NB: pengajian ini dirangkum dari pemaparan Ustad Umar Mitha pada pengajian pagi ummahat di Mesjid Ramadhan Bekasi pada hari Jum'at 24 Mei 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar