Jumat, 19 Juli 2013

4 Macam Tipe Anak



Menurut Al-Qur’an, ada empat macam tipe anak:

  1. zinatun (perhiasan dunia); diterangkan dalam surat Al-Kahfi ayat 46 yang artinya : Harta benda dan anak pinak itu, ialah perhiasan hidup di dunia dan amal-amal salih yang kekal faedahnya itu lebih baik pada sisi Tuhanmu sebagai pahala balasan, dan lebih baik sebagai asas yang memberi harapan.
  2. qurrotu a’yun (penyejuk mata); yaitu anak yang sholeh/sholeha yang taat pada Allah dan orang tuanya. diterangkan dalam surat Al-Furqon ayat 74 yang artinya : Dan orang orang yang berkata: “Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.
  3. fitnah (ujian);
  4. musuh; diterangkan dalam surat At-Taghabun : 14-15 yang artinya: Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya di antara istri-istrimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu, maka berhati-hatilah kamu terhadap mereka; dan jika kamu memaafkan dan tidak memarahi serta mengampuni (mereka) maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Sesungguhnya hartamu dan anak-anakmu hanyalah cobaan (bagimu): di sisi Allah-lah pahala yang besar.

tipe anak yang manakah kita?semoga kita termasuk tipe anak nomor 1 dan 2 yah :) dan semoga anak-anak kita kelak insya Allah demikian pula..aamin ya Rabb

sumber : Kajian dari Ustadz Oman Suratman pada 1 Mei 2013 yang disampaikan pada ta’lim ibu-ibu Pengajian Mesjid Muhammad Ramadhan, Bekasi :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar